6 Modifikasi Sebaiknya Anda Hindari Untuk Motor Keseharian


Modifikasi sudah wajar di dunia otomotif terutamanya roda dua. Tetapi tidak disangkal, masih banyak pula yang meremehkan masalah keselamatan, serta punya potensi membahayakan diri kita pengendara lainnya. 

Bila ingin melakukan modifikasi motor, pilih dahulu arahnya, ingin lomba atau untuk digunakan seharian. Jika kontes tidak ada batasan, ingin sampai ekstrim juga wajar saja. Jika buat harian harus dilihat kelengkapan, kenyamanan sampai keamanannya. 

Paling tidak ada 6 modifikasi yang beresiko untuk diterapkan di motor serta masih jadi panorama seharian. 

1. Strobo serta sirine 

Fakta senang lakukan touring, banyak anggota komune motor yang menempatkan strobo serta sirine. Elemen ini dapat berbuntut negatif, serta dapat membuat pengendara condong ugal-ugalan serta arogan di jalan, hingga mengganggu serta membahayakan orang. 

Merujuk pada ketentuan undang-undang, ini jelas melanggar. Pemasangan lampu strobo serta sirine cuma ditujukan beberapa kendaraan saja yang mendapatkan prioritas spesial, seperti ambulans, kendaraan kepolisian sampai pemadam kebakaran. 

Sebab dipandang petugas memakai rotator, warga pada akhirnya memberi ruangan, dengan melambatkan kendaraannya atau geser ke lajur lain. Itu dengan automatis akan menghalangi kendaraan di sekelilingnya, bahkan juga terkadang sebab hal itu dikerjakan dengan tiba-tiba, bisa memunculkan berlangsungnya kecelakaan jalan raya. 

2. Ban cacing 

Pemakaian ban berprofil tipis serta kecil ban cacing benar-benar beresiko bila digunakan harian. Tetapi sayangnya modifikasi ‘alay’ ini masih dikerjakan pemilik motor, tanpa ada mempertimbangkan dampak negatifnya. Ban semacam ini umumnya cuma dipakai pada keadaan spesial, seperti waktu drag race. Type ban itu tidak sesuai standard OEM untuk pemakaian harian. 

Grip atau traksi ban ke aspal jadi tidak optimal, hingga bisa jadi berlangsung slip serta motor tergelincir saat dikendarai. Ditambah lagi dalam keadaan jalan basah. 

3. Melepas spakbor belakang 

Modifikasi semacam ini biasa dikerjakan pada motor-motor berjenis sport. Mungkin buat sebagian orang, dengan visual memang jadikan lebih bagus, tetapi sayangnya ini dapat bikin rugi serta membahayakan orang. 

Tidak terdapatnya spakbor belakang membuat cipratan air waktu berkendara pada musim hujan tentang pengendara di belakang. Ini dapat mengganggu konsentrasi serta justru dapat menyelakakan. 

4. Pencahayaan lampu depan 

Ganti lampu depan dengan intensif yang lebih jelas, serta tidak sesuai dengan standard, seperti HID sisi dari modifikasi beresiko. Beberapa mungkin berkelit, jika lampu bawaan pabrik kurang jelas, tetapi nyatanya ubahan yang dilakukan salah kaprah. 

Lampu yang begitu jelas, dapat menyoroti langsung ke mata pengendara bersimpangan akan mengganggu pandangan, hingga kehilangan konsentrasi. 

5. Melepas lampu sein 

Banyak pengendara yang ikhlas melepas lampu sein mereka untuk memburu topik modifikasi. Jadi contoh untuk pencinta sport serta old school, umumnya telah melepas lampu sein sebab berasumsi tidak sesuai dengan penampilan motor. 

Tidak hanya menyalahi ketentuan jalan raya, melepas lampu sein dapat membahayakan diri kita atau orang. Peranan lampu sein ialah memberi sinyal serta alat komunikasi saat akan berbelok, hingga pengendara di belakang dapat jaga jarak. 

6. Mika lampu belakang bening 

Merujuk pada ketentuan perundang-undangan, lampu belakang kendaraan dibalut dengan mika berwarna merah. Bukan hanya warna, fakta sebab merah mempunyai panjang gelombang yang paling panjang dibandingkan warna lain, serta adalah warna paling dikit dihamburkan di atmosfer. 

Sederhananya warna merah dapat gampang disaksikan pengendara lain, meskipun dalam jarak yang cukup jauh, serta penerangan yang minim. Jadinya warna merah pas digunakan jadi warna lampu belakang. Lebih tidak menyilaukan pengendara lain di belakangnya. 

Jadi jika ada yang nekat menggantinya dengan mika bening, atau mengubah dengan warna lain, bukan pilihan yang arif. Buat yang sudah terburu mengerjakannya, semestinya kembalikan ke elemen standard, sebelum menyelakai orang. 

Bila kamu memang penghobi dunia modifikasi, karena itu kerjakan secara benar serta sesuai ketentuan yang berlaku. Ingat, tidak hanya dapat membahayakan diri kita dapat juga menyelakai orang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Modifikasi Sebaiknya Anda Hindari Untuk Motor Keseharian"

Posting Komentar