Cara Mengecat Tembok dengan Mudah Tanpa Tukang

Cara-Mengecat-Tembok-dengan-Mudah-Tanpa-Tukang

Saat kamu ingin mengganti suasana ruangan agar terasa lebih nyata atau apa pun tujuanmu, salah satu cara mudahnya adalah mengecat tembok. Sayangnya, banyak orang menyerah lebih dulu saat membayangkan betapa repot dan ribetnya mempersiapkan segalanya, termasuk membayar tukang. 

Tata Cara Mengecat Tembok Bagian Persiapan Dinding dan Alat 

Sebelum mulai mengecat, kamu perlu mempersiapkan peralatan serta dindingnya terlebih dahulu. Berikut panduannya. 

1. Persiapkan Peralatan 

Cara mengecat tembok yang pertama tentu menyiapkan alat-alatnya. Seperti cat dengan warna yang kamu pilih, kuas, koran, dan sebagainya. Persiapkan semuanya sebelum memulai mengecat, sehingga kamu tak perlu repot mencari-cari lagi. 

2. Bersihkan Dinding yang mau Dicat 

Dinding yang akan dicat harus dibersihkan terlebih dahulu dari debu. Tujuan dilakukannya pembersihan dinding adalah untuk menghasilkam dinding yang halus dan rata. Untuk membersihkannya kamu bisa menggunakan vacum cleaner, sapu, atau kemoceng. 

Nah, apabila ada noda besar di dinding, kamu bisa membersihkannya menggunakan spons dan air campuran detergen. Kamu bisa mendiamkannya sejenak hingga dinding mengering. 

3. Tutupi Bagian yang tidak Dicat 

Kamu bisa menutupi bagian-bagian tertentu yang tidak ingin dicat. Misalnya saja tepi plafon, bingkai jendela, atau yang lainnya. Kamu bisa menutupnya dengan lakban atau masking tape. Nah, benda-benda di sekitarnya bisa kamu tutupi dengan koran supaya tidak terkena cipratan cat. Termasuk lantai ya. Sehingga setelah selesai mengecat kamu bisa melepasnya lagi. 

4. Tutup Retakan di Dinding 

Cara mengecat tembok apabila ada retakan atau celah di dinding, kamu bisa menutupnya dengan dempul sebelum dicat. Kemudian amplaslah biar halus. Oleskan primer cat sebelumnya agar hasilnya rata dan mengkilap. 

Cara Mengecat Rumah yang Baik dan Benar

Nah, setelah dinding selesai dipersiapkan, saatnya beralih ke pengecatan. 

1. Aduk Cat Sebelum Digunakan 

Sebelum digunakan, aduklah selama kurang lebih lima menit. Tujuannya agar cat tidak menggumpal dan warna yang dihasilkan optimal. Campurkan dengan air sebanyak sepuluh persen dari jumlah cat yang akan digunakan. 

2. Campur Cat dengan Water Base atau Solvent 

Cara mengecat tembok selanjutnya adalah lapisi permukaan dinding dengan water base atau solvent yang berkualitas. Hal ini akan membuat cat yang akan kamu gunakan lebih rata, halus, dan tidak mudah mengelupas. Untuk membuat warnanya lebih tahan lama, kamu bisa menggunakan wall sealer untuk menyesuaikan pH semen dengan cat. 

3. Beri Warna Dasar 

Jika ingin mengubah warna pada dindingnya, maka kamu perlu untuk menghapus warna sebelumnya. Caranya dengan mengamplasnya. Namun, kalau hal itu terlalu repot. Kamu bisa memberikan warna putih sebagai dasarnya. Warna dasar putih akan membuat catnya lebih terang. 

Agar kualitas dari dinding yang dicat sama, sebaiknya kamu mengerjakan satu bidang dinding dalam waktu yang sama. Jarak waktu antara satu lapisan dengan lapisan yang kedua adalah sekitar satu sampai dua jam. 

4. Gunakan Kuas Kecil 

Untuk dinding yang besar kamu bisa menggunakan bantuan roller cat. Namun, untuk menjangkau sudut yang sempit gunakan kuas kecil agar hasilnya tidak berantakan. 

5. Gunakan Teknik Zig-zag 

Yang terakhir adalah gunakan teknik zig-zag dari atas ke bawah berulang kali sampai dindingnya tertutup rata. Teknik ini juga berfungsi untuk meratakan warna permukaan dinding. 

Nah, itulah cara mengecat tembok rumahmu sendiri tanpa bantuan tukang. Mudah kan? Kalau kamu butuh referensi tambahan untuk teknik-teknik yang bisa digunakan untuk mengecat tembok, langsung saja cek ke https://artikel.rumah123.com/ yang banyak membahas tentang rumah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengecat Tembok dengan Mudah Tanpa Tukang"

Posting Komentar