Jangan Lakukan Hal Berikut Setelah Membersihkan Karang Gigi


Satu diantara langkah untuk jaga kebersihan gigi dengan lakukan scaling atau pembersihan karang gigi. Tetapi, nyatanya Anda harus memerhatikan apa minuman dan makanan yang perlu dijauhi sesudah mekanisme scaling. Ini penting supaya gigi tidak berasa ngilu serta karang gigi tidak tampil kembali. Untuk cari tahu pantangan-pantangan sesudah bersihkan karang gigi, baca penuturannya berikut ini. 

Apa pantangan sesudah bersihkan karang gigi? 
Untuk menahan rasa tidak nyaman atau kembalinya karang gigi sesudah mekanisme scaling, semestinya Anda menghindarkan banyak hal berikut ini: 

1. Minuman dan makanan yang begitu panas atau dingin 

Diambil dari American Dental Association, setelah jalani scaling atau pembersihan karang, gigi bisa menjadi lebih peka sepanjang hampir satu minggu. 

Ini dapat berlangsung sebab pemakaian alat pembersih karang yang dipakai oleh dokter gigi. Alat itu bisa buka dikit sela di antara gusi serta gigi, hingga saraf gigi semakin lebih gampang terpampang serta sensitivitas gigi bertambah. 

Agar gigi tidak berasa nyeri, semestinya jauhi konsumsi minuman dan makanan yang masih panas atau begitu dingin. Contohnya, waktu makanan baru diberikan pada saat panas, nantikan sesaat sebelum disantap. Anda pun semestinya tidak makan es cream atau minuman dengan es batu untuk sesaat waktu. 

2. Minuman dan makanan yang begitu manis 

Munculnya karang gigi dikarenakan oleh menumpuknya plak, yakni zat memiliki tekstur yang memiliki kandungan bakteri. Plak yang dibiarkan kelamaan akan mengeras serta jadi karang. Satu diantara biang kerok pemicu penimbunan plak ialah gula. 

Oleh karena itu, pantangan sesudah bersihkan karang gigi yang butuh dilihat ialah mengonsumsi gula. Untuk menahan karang gigi kembali tercipta sesudah scaling, sebaiknya Anda kurangi minuman dan makanan yang memiliki kandungan kebanyakan gula, seperti permen, coklat, cookies, serta soda. 

3. Makanan memiliki tekstur keras 

Sesudah gigi dibikin bersih dari karang, kunyah makanan juga mungkin tidak senyaman umumnya. Ini dikarenakan oleh sensitivitas gigi yang sedang bertambah. 

Oleh karena itu, yakinkan Anda tidak pilih makanan dengan struktur yang alot serta memerlukan tenaga lebih untuk kunyah, seperti daging atau apel utuh. 

4. Makanan yang punya potensi menusuk-nusuk gusi 

Yang disebut dengan menyerang ialah struktur makanan yang kecil-kecil serta punya potensi mengakibatkan kerusakan gusi. Umumnya, struktur kecil-kecil ini ada di makanan renyah seperti keripik kentang atau kacang-kacangan. 

Mekanisme scaling kadang bukan sekedar mengakibatkan gigi peka, dan juga gusi jadi abuh serta lebih lunak. Ini menyebabkan gusi lebih rawan berdarah. 

5. Makanan yang tidak gampang larut atau hancur waktu dikunyah 

Beberapa makanan dengan struktur yang tidak gampang hancur waktu dikunyah, seperti roti serta kentang goreng, jadi pantangan sesudah bersihkan karang gigi. Makanan itu gampang terselip di antara gigi, hingga beresiko memunculkan penimbunan plak serta karang gigi kembali ada. 

6. Rokok serta alkohol 

Mulut manusia tetap memerlukan air liur. Air liur bermanfaat untuk menolong makanan serta plak tidak gampang menumpuk di gigi. Mulut yang kering serta kekurangan air liur dikarenakan oleh banyak hal, diantaranya ialah minum alkohol serta merokok. 

Rokok serta alkohol bisa kurangi produksi air liur di mulut. Ini tentu saja bisa mengakibatkan mulut kering serta lebih gampang berlangsung penimbunan plak. Karang gigi juga punya potensi dapat ada kembali.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jangan Lakukan Hal Berikut Setelah Membersihkan Karang Gigi"

Posting Komentar