Biaya Service AC Agar Dingin Kembali

Biaya-Service-AC-Agar-Dingin-Kembali

Penyebab AC jadi tidak dingin tentu ada banyak. Ada yang hanya karena freon habis, atau karena oli kompresor yang kurang. Lalu bagaimana cara membedakan AC mobil tidak dingin karena rusak? 

Ciri-ciri AC tidak dingin karena sudah rusak adalah sebagai berikut: 
  • AC Dalam Keadaan Hidup Akan tetapi Tidak Dingin 
  • Switch AC Dengan Kondisi ON, Blower Tidak Hidup 
  • AC Mobil Yang Kurang Dingin 
  • Tidak Berfungsinya Kipas Kondensor 
  • Freon cepat habis 
  • Jenis kerusakan AC mobil 
  • AC mobil yang tidak dingin belum tentu terjadi karena freonnya habis. AC yang tidak dingin bisa terjadi karena beberapa penyebab lain. 

Bagaimana dengan biaya? 

Bagi Anda yang mengendarai mobil-mobil pabrikan Jepang boleh merasa lega. Rata-rata bengkel AC mematok biaya service yang lebih rendah untuk mobil buatan Jepang dibanding Eropa. 

Kalau perawatan AC mobil Jepang berkisar dari 300.000an, maka mobil Eropa setidaknya butuh dana 1,2 juta rupiah hingga 2 juta rupiah. Biaya service AC mobil sebenarnya cukup relatif. Dilihat lagi pada kemampuan dan kelengkapan alat-alat service mereka. Ini baru menghitung biaya service, belum termasuk sparepart. 

Beberapa biaya service yang perlu Anda simak adalah sebagai berikut: 
  1. Ganti oli. Perawatan ini dilakukan supaya komponen kecil seperti piston bisa bekerja dengan baik dan tidak mudah aus. Oli jelek tidak bisa melumasi piston. Ini mengakibatkan piston menjadi panas, dan kompresor tidak bekerja maksimal. Flushing terhadap kompresor biasanya butuh dana sekitar Rp700 ribu. 
  2. Ganti spare part seperti seperti seal, thrust bearing, soe, dan shaft seal. Biaya yang dibutuhkan sekitar Rp475ribu. Ini kalau piston, noken as, dan silinder piston, tidak rusak / terkikis. Kalau rusak, akan ada biaya tambahan lagi. 
  3. Mengganti magnetic clutch. Tadi kita sudah membahas mengenai kerusakan di magnetic clutch. Komponen ini hanya bisa diganti yang baru. Harganya dimulai dari Rp380ribuan. 
  4. Kondensor. Untuk kondensor cara servisnya lebih mudah. Hanya perlu disemprot air bertekanan tinggi saja agar kotoran yang menempel dapat rontok. Akan tetapi kalau sudah mampet, perlu dikuras menggunakan freon R11 dan Nitrogen (n2). Anda harus merogoh kocek sekitar Rp 175 ribu. Tapi kalau ternyata kondensor sudah mengalami kebocoran. Satu-satunya jalan adalah menggantinya dengan yang baru. Harga Kondensor kembali lagi ke jenis mobilnya, tapi biasanya harganya dari 500 ribu rupiah. 
  5. Receiver dryer dan expansi valve. Kedua komponen ini juga sebaiknya langsung ganti bila memang rusak. Harga Receiver Dryer berbeda-beda, namun paling murah Rp90 ribu. Sementara harga Expansi Valve paling murah adalah sekitar Rp200 ribu. 
  6. Evaporator. Kalau memang sudah bocor, sebaiknya diganti baru saja. Harga evaporator untuk Daihatsu Xenia dimulai dari Rp 900 ribu. Sementara, Evaporator untuk Toyota Kijang Kapsul mulai dari Rp. 800 ribu. 

Itu tadi beberapa informasi menganai biaya yang perlu dikeluarkan jika ingin melakukan service AC mobil. Semoga bermanfaat 😊

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Biaya Service AC Agar Dingin Kembali"

Posting Komentar