Sebaiknya Pertimbangkan Tidak Memakai Deterjen Biasa untuk Mencuci Baju Bayi


Dalam mencuci baju bayi sangat disarankan bagi para ibunda untuk tidak menggunakan deterjen biasa karena kandungan sabun biasa terkadang dapat menimbulkan alergi atau iritasi pada kulit bayi yang masih terlalu lembut. Meskipun harga deterjen khusus baju bayi tergolong lebih mahal dibandingkan dari deterjen biasa, namun hal ini harus dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum Anda menggunakan deterjen biasa untuk mencuci baju bayi. 

Namun jika Anda tidak berkenan untuk menggunakan sabun khusus untuk mencuci sabun bayi Anda masih tetap bisa menggunakan sabun biasa, asalkan Anda mempertimbangkan 3 hal penting berikut ini: 

1. Pilih sabun cair 

Sabun biasa yang bisa digunakan untuk membersihkan pakaian bayi yaitu sabun dalam bentuk cair. Hal ini dikarenakan deterjen cair dianggap jauh lebih mudah dibilas meskipun busa yang dihasilkan lebih banyak. Sementara deterjen bubuk lebih cenderung meninggalkan residu dalam pakaian yang dapat membuat kulit bayi mengalami iritasi. 

2. Sebaiknya pilih sabun yang tidak memiliki kandungan aktif 

Kandungan aktif yang terdapat dalam sabun bisa saja membuat iritasi pada kulit bayi. Terlebih lagi untuk bayi yang memiliki kulit sensitif. Jika bayi tidak cocok dengan sabun biasa yang Anda gunakan maka biasanya kulit bayi akan menimbulkan bercak merah yang disertai dengan rasa gatal, bisa juga alergi ditandai dengan kulit bayi yang menjadi kering khususnya pada area tumit dan siku. 

3. PH yang seimbang 


Deterjen khusus aman untuk kulit bayi memiliki kandungan pH yang benar-benar seimbang supaya kulit bayi tidak mengalami iritasi. Dengan hal ini Anda harus benar-benar teliti ketika berada di supermarket. Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan membaca komposisi dalam kemasan sabun. 

Pada dasarnya memang tidak ada larangan untuk menggunakan deterjen khusus untuk bayi dalam mencuci baju. Asalkan Anda tetap memperhatikan prosedur dalam mencuci, Anda harus membilas pakaian bayi hingga bersih. Saat menjemur pakaian bayi pastikan bahwa pakaian bayi sudah benar-benar kering karena pakaian yang masih lembab dapat memicu tumbuhnya bakteri dan jamur.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sebaiknya Pertimbangkan Tidak Memakai Deterjen Biasa untuk Mencuci Baju Bayi"

Posting Komentar