Obat Pilek Sering Digunakan Untuk Atasi Pilek Si Kecil

Obat-Pilek-Sering-Digunakan-Untuk-Atasi-Pilek-Si-Kecil

Anak-anak sangat rentan terkena penyakit pilek yang disebabkan dari cuaca maupun mengonsumsi jajanan. Memang pilek dapat reda seiring dengan berjalannya waktu. Namun, jika tidak segera diatasi akan membuat anak rewel. Oleh sebab itu, Anda dapat menyuguhkan si kecil obat pilek untuk anak

Perhatikan juga obat pilek yang diberikan harus sesuai dosis atau anjuran dokter. Jika tidak segera diberikan maka si kecil bisa terkena pusing, demam, batuk, hingga sakit tenggorokan. Berikut ini obat pilek yang paling sering digunakan ibu-ibu di rumah. 

Obat Pilek Paling Merakyat 

1.Paracetamol 

Siapa yang tidak mengenal paracetamol yang digadang-gandang sebagai obat 1000 penyakit. Obat-obatan dengan kandungan paracetamol dipercaya dapat meredakan sakit kepala, sakit tenggorokan, demam, pilek, dan flu. 

Obat satu ini sangat mudah didapatkan dimana saja dan tidak perlu pergi ke dokter untuk mendapatkannya. Bahkan, paracetamol bisa didapatkan dari swalayan dan warung. Dosis paracetamol harus diberikan sesuai berat badan anak yang ada di buku petunjuk penggunaan. 

Biasanya, paracetamol diberikan setiap 4-6 jam sesuai umur. Apabila pilek tidak kunjung reda selama 3 hari setelah rutin meminum paracetamo sebaiknya langsung berobat ke dokter. Obat ini biasanya tidak menimbulkan efek samping. Tetapi saat mengonsumsi paracetamol sebaiknya tidak dibarengi obat lain. 

2.Ibuprofen 

Selanjutnya, ada obat ibuprofen yang menjadi andalan ibu-ibu saat sang anak demam, flu, maupun pilek. Ibuprofen disinyalir dapat menurunkan gejala-gejala penyakit tersebut. Adapun kelebihan ibuprofen adalah melawan radang yang terjadi dalam tubuh si kecil. 

Menyoal dosis ibuprofen sendiri apabila anak terkena pilek dapat diberikan sesuai usianya. Biasanya disediakan petunjuk pemakaian pada kemasan obat ibuprofen. Anda dapat memberikan obat ini per 6-8 jam. 

Namun, penggunaan ibuprofen tidak sebebas paracetamol. Sebaiknya, dikonsultassikan kepada dokter mengenai dosis yang diberikan kepada Anak. Dilarang menakar ibuprofen sembarangan karena efek samping obat ini cukup kuat bagi tubuh si kecil. 

3.Semprotan Saline 

Selain obat-obatan ternyata ada semprotan saline yang ampuh melegakan hidung tersumbat. Anda bisa membelinya pada toko obat terdekat dan tanpa resep dokter. Semprotan ini lebih aman karena mengandung larutan garam yang akan melembabkan hidung. Sehingga ingus yang kental menjadi encer. 

Ketiga obat-obatan ini memang sangat efektif membantu meredakan pilek anak. Namun, apabila disertai demam berdarah, sebaiknya berikan psidii kapsul untuk meningkatkan trombosit. Sebab, lebih terjamin dan membantu pemulihan kesehatan si kecil lebih cepat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Obat Pilek Sering Digunakan Untuk Atasi Pilek Si Kecil"

Posting Komentar