Tips Menyiapkan Perjalanan Mudik agar Lancar dan Selamat


 
Memberikan perlindungan perjalanan mudik kepada seluruh anggota keluarga merupakan hal yang wajib Anda lakukan sebagai kepala keluarga. Seperti yang diketahui, arus mudik di Indonesia berkaitan erat dengan risiko kecelakaan, baik yang disebabkan oleh pengendara lain, kondisi jalan, atau dari dalam diri sendiri. Lalu, langkah apa saja yang bisa Anda lakukan sebagai bentuk antisipasi agar bisa aman saat mudik?
 
Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan:
 
  • Mengecek kondisi kendaraan

Anda yang hendak bepergian menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil sepatutnya mengecek kondisinya terlebih dulu. Beberapa bagian yang harus masuk daftar pemeriksaan mencakup mesin, rem, air bag, AC, jendela, hingga ban. Jika masih ada waktu, bawa kendaraan ke bengkel resmi untuk mendapatkan pengecekan yang lebih mendalam.
Angkut sesuai kapasitas kendaraan

Bawaan mudik biasanya cukup banyak, terutama saat Anda kembali bersama oleh-oleh. Namun, Anda harus waspada juga karena setiap kendaraan memiliki kapasitas atau daya tampung. Batasi bawaan agar tak melebihi berat maksimal yang direkomendasikan pabrik. Pasalnya, mengangkut kapasitas berlebih merupakan salah satu pemicu kecelakaan selama masa mudik.
 
  • Siapkan uang tunai dan elektronik

Uang tunai dan uang elektronik mempunyai peran penting saat Anda pulang kampung. Uang elektronik membantu Anda melakukan pembayaran saat memasuki jalan tol atau membeli pulsa untuk ponsel. Sementara uang tunai dapat digunakan saat Anda membayar di lokasi-lokasi yang jauh dari ATM atau pusat perbelanjaan.
 
  • Selalu mematuhi lalu lintas

Selain kapasitas kendaraan, kepatuhan terhadap lalu lintas turut berpengaruh juga terhadap keselamatan Anda saat mudik. Banyak pengendara yang nekat melanggar peraturan karena tak tahan terjebak macet atau ingin cepat sampai, tetapi berakhir kena tilang atau tertabrak kendaraan. Jangan sampai keluarga Anda di kampung menerima berita buruk akibat hal-hal tersebut.
 
  • Luangkan waktu untuk istirahat

Perjalanan jauh cenderung membuat Anda kelelahan, terutama dengan rute yang kompleks dan rawan titik macet. Jika Anda kebetulan menjadi supir, luangkan waktu untuk menepi dan beristirahat. Akan lebih baik kalau satu atau dua anggota keluarga lain bisa menyetir, sehingga Anda bisa meminta mereka untuk bergantian membawa kendaraan.
 
  • Memakai asuransi untuk proteksi

Sejumlah perusahaan asuransi menawarkan produk yang bisa melindungi Anda selama melakukan perjalanan mudik. Asuransi perjalanan dan asuransi kendaraan adalah salah dua produk yang dapat dipakai. Kalau Anda hanya bisa mengambil salah satu, pastikan layanan dan fasilitasnya sudah sesuai kebutuhan, terutama perlindungan terhadap anggota keluarga dan kendaraan Anda.
 
Jangan lupakan juga waktu keberangkatan dan kepulangan untuk menghindari jam-jam padat. Dengan begitu, Anda tak akan cepat kelelahan serta sampai di tujuan tepat waktu. Pastikan juga kondisi fisik dan mental benar-benar prima sebelum menempuh perjalanan jauh. Menyetir saat mengantuk atau banyak pikiran hanya akan mengundang masalah besar.
 
Semoga perjalanan mudik Anda lancar!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menyiapkan Perjalanan Mudik agar Lancar dan Selamat"

Posting Komentar